EnglishIndonesia

Berita Terkini

23
Sep

SOSIALISASI KF DI CAKUNG TIMUR

YAPPIKA melakukan sosialisasi kegiatan Keaksaraan Fungsional di Kelurahan Cakung Timur pada tanggal 19 September 2011. Salah satu tahapan terpenting dalam penyelenggaraan kegiatan keaksaraan fungsional ialah sosialisasi kepada kelompok-kelompok warga dan perangkat kelurahan/desa setempat tentang gambaran aktivitas program keaksaraan fungsional agar para pihak tersebut dapat berpartisipasi dalam proses pelaksanaan program pemberantasan buta aksara dan menjamin keberlanjutannya.

Sosialisasi yang diselenggarakan di Kelurahan Cakung Timur dihadiri oleh kader yang berasal dari perwakilan 8 RW (RW 01, RW 03, RW 04, RW 05, RW 07. RW 09, RW 10 dan RW 13). Menurut pihak kelurahan, 8 wilayah tersebut mempunyai kantung-kantung buta aksara cukup tinggi sehingga penting untuk melakukan pemetaan konteks sosialnya.

Sosialisasi yang difasilitasi oleh relawan YAPPIKA belangsung interaktif. Cukup banyak pertanyaan kritis dari para kader tentang kegiatan KF, pendekatan yang digunakan dan hasil-hasilnya di masa datang. Hasil dari sosialisasi ini ialah adanya kesepakatan antara warga dean relawan YAPPIKA untuk membuka kelompok belajar di RW 07 sebagai pilot program di Kelurahan Cakung Timur. Pilihan pilot program di RW 07 karena wilayah ini memiliki tingkat buta aksara tertinggi di Kelurahan Cakung Timur.