EnglishIndonesia

Kebijakan

12
Apr

Bagaimana Kami Menggalang Dana?

TENTANG YAPPIKA-ACTIONAID

1. Siapakah YAPPIKA?

YAPPIKA adalah organisasi nirlaba yang berdiri dan bekerja bersama-sama sebagian masyarakat Indonesia sejak tahun 1991 untuk mendorong kebijakan pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik di antaranya bidang pendidikan dan kesehatan. Kami juga bekerja untuk memastikan ada dan terjaganya kebebasan berkumpul dan berpendapat serta mendukung peningkatan kapasitas untuk organisasi nirlaba lainnya. Kami telah bekerja dengan organisasi nirlaba tingkat nasional dan kabupaten serta pemerintah terkait pada sektor-sektor tersebut di atas untuk berkontribusi mengatasi ketimpangan dan ketidakadilan bagi sebagian masyarakat yang terpinggirkan.

Mulai tahun 2016, YAPPIKA menjadi anggota ActionAid International dan memperkenalkan brand baru, YAPPIKA-ActionAid. Walaupun bergabung dengan ActionAid International, status kelembagaan YAPPIKA-ActionAid adalah tetap menjadi organisasi nirlaba Indonesia. YAPPIKA-ActionAid melakukan kampanye penggalangan dana pada isu-isu pelayanan publik, misalnya pendidikan, kesehatan dan hak untuk identitas bagi masyarakat terpinggirkan di Indonesia, termasuk perempuan dan anak-anak.

 

2. Siapakah ActionAid?

ActionAid International adalah sebuah federasi organisasi nirlaba yang memiliki reputasi sangat baik di tingkat internasional beranggotakan organisasi-organisasi nirlaba di 45 negara. ActionAid telah bekerja untuk turut mengatasi kemiskinan dan ketidakadilan yang terjadi di masyarakat di berbagai negara sejak awal berdirinya pada tahun 1972 di London, Inggris.

ActionAid International memiliki sekretariat di Johannesburg, Afrika Selatan. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di www.actionaid.org.

 

3. Apakah YAPPIKA-ActionAid lembaga resmi di Indonesia?

YAPPIKA adalah organisasi nirlaba Indonesia berbentuk Yayasan yang terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Departemen Sosial Jakarta Timur.

Kami terdaftar atas nama Yayasan Penguatan Partisipasi, Inisiatif, dan Kemitraan Masyarakat Indonesia atau disingkat YAPPIKA.

Berikut ini adalah keterangan legalitas YAPPIKA-ActionAid:

SK KemenkumHAM
No : AHU-AH.01.06-0001767
tahun 2016 (Pembaruan)

Akte Yayasan
No. AHU-006.AH 02-02 / 2012 (Pembaruan)

Tanda Daftar Yayasan
No : 028/10.2.1/31.75.03/-1.848/2015

NPWP Yayasan
No : 01.361.875.6.002.000

Surat Izin Domisili
No : 01.4/10.3.0/31.75.031004/, Rawabunga, Jatinegara

Surat Izin Penyelenggaraan Pengumpulan Sumbangan
No : 1261/HUK-PS/2017

 

4. Apakah ActionAid lembaga resmi?

ActionAid tidak membuka kantor cabang di Indonesia. ActionAid adalah federasi yang anggotanya terdiri dari organisasi-organisasi nirlaba yang saat ini ada di 45 negara, termasuk YAPPIKA. Secara resmi, ActionAid International tercatat sebagai organisasi nirlaba di Belanda dan memiliki sekretariat internasional di Johannesburg, Afrika Selatan. ActionAid membantu YAPPIKA agar memiliki kemampuan untuk menggalang dana publik yang bertanggung jawab.

 

5. Dari mana saja sumber dana YAPPIKA-ActionAid?

Sumber dana kami adalah dari masyarakat, donasi para staf, lembaga dana dalam negeri maupun luar negeri, dan dana tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility).

 

6. Mengapa Anda melakukan penggalangan dana publik?

Penggalangan dana publik memungkinkan kami untuk berkomunikasi secara langsung dalam menjelaskan kampanye yang kami lakukan. Dan donasi rutin dari individu-individu seperti Anda adalah tulang punggung kami untuk terus menjalankan kampanye dan advokasi secara berkelanjutan.

Kami menganjurkan kepada Anda untuk berdonasi secara rutin bulanan. Dukungan yang berkelanjutan akan sangat berharga bagi kami karena kami dapat merancang kerja-kerja dalam jangka panjang untuk turut membantu lebih banyak masyarakat terpinggirkan secara berkelanjutan pula.

 

7. Bagaimana saya bisa tahu jika telepon yang menghubungi saya dari YAPPIKA-ActionAid adalah asli?

Nomor resmi Donor Service kami adalah 021- 8066 2166 dan nomor ini bisa menerima telepon masuk dari Anda maupun kami gunakan untuk menghubungi Anda. Selain itu, kami juga menggunakan nomor telepon lainnya untuk menghubungi Anda, yaitu 021 – 8191623.

Bila Anda menerima telepon berkaitan dengan YAPPIKA-ActionAid selain dari nomor di atas, harap hubungi kami di: 021-8191623.

 

8. Bagaimana penggunaan dana yang Anda kumpulkan dari masyarakat?

Kami menggunakan dana yang terkumpul dari masyarakat untuk membiayai kerja-kerja kami untuk turut mengatasi kemiskinan dan ketimpangan di Indonesia. Kami bekerja untuk masyarakat yang terpinggirkan agar memperoleh pelayanan publik yang baik, misalnya pendidikan, kesehatan, pangan, dan kepemilikan identitas kependudukan. Kami melakukannya dengan mempengaruhi peningkatan anggaran pemerintah, penelitian untuk menyajikan data-data yang akurat, menyebarluaskan informasi kepada masyarakat, melakukan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat, kampanye kepada masyarakat, dan untuk biaya operasional lembaga.

Seluruh dana yang kami kelola diaudit oleh Kantor Akuntan Publik profesional setiap tahun. Kami mempublikasikan hasil audit keuangan tersebut kepada masyarakat yang dapat diakses di website www.yappika-actionaid.or.id

 

9. Apakah staff YAPPIKA-ActionAid digaji?

Orang-orang yang bergabung secara penuh waktu atau disebut ‘staf” adalah orang-orang yang mempunyai keahlian dan profesi sesuai bidangnya masing-masing. Buat orang-orang yang memutuskan untuk bergabung secara penuh waktu ini, mereka akan memperoleh gaji. Orang-orang  yang memutuskan bergabung secara penuh waktu ini biasanya punya idealisme dan tidak sekedar mencari nafkah semata.

Berbeda dengan bekerja di sektor profit/perusahaan, YAPPIKA-ActionAid adalah organisasi nonprofit/nirlaba. Jadi walaupun gaji mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari, seseorang harus sadar sepenuhnya bahwa ia tidak akan bisa menjadi kaya saat memutuskan bekerja penuh waktu di lembaga ini, bahkan saat sudah mencapai level tertinggi sekalipun.

 

10. Apakah YAPPIKA-ActionAid diaudit untuk menjamin uang dari donatur tidak disalahgunakan?

Ya. YAPPIKA-ActionAid diaudit setiap tahun oleh Kantor Akuntan Publik dan selama ini selalu dinyatakan baik, wajar tanpa pengecualian. Berikut ini adalah nama kantor akuntan yang pernah mengaudit kami: Johan Malonda Mustika dan Rekan, KAP Tanubrata Sutanto Fahmi dan Rekan, BDO Indonesia. Hasil audit keuangan kami publikasikan dalam laporan tahunan. Silahkan kunjungi website kami di www.yappika-actionaid.or.id.

 

11. Apakah saya bisa melihat laporan keuangan YAPPIKA-ActionAid?

Ya. Silahkan kunjungi website kami di www.yappika-actionaid.or.id.

 

12. Di media, orang-orang sedang hangat membicarakan Pemilu 2019, mengapa YAPPIKA-ActionAid tidak menanggapi hal itu? Mengapa YAPPIKA-ActionAid tidak bekerja untuk isu tersebut?

Saat ini kami memberikan fokus perhatian pada persoalan pendidikan, khususnya tentang bahaya yang mengancam keselamatan anak-anak SD Negeri yang miskin dan sekolahnya rusak. Ini juga isu penting karena masa depan mereka adalah masa depan bangsa ini. Persoalan ini tenggelam di antara berbagai persoalan lainnya yang diberitakan media massa. Namun bukan berarti persoalan anak-anak yang terancam bahaya di sekolah itu tidak ada karena tidak diberitakan media.

Mulai bulan Mei 2018, kami akan menambah fokus perhatian pada persoalan kesehatan, yaitu tentang anak-anak balita yang mengalami stunting (lambat tumbuh). Persoalan ini jarang tampak di permukaan karena kasus stunting memang masih banyak yang tersembunyi.

 

13. Apakah YAPPIKA-ActionAid bekerja untuk membantu para korban bencana alam? Bagaimana Anda bekerja?

Kami sedang menyiapkan diri untuk menggalang dana masyarakat ketika terjadi bencana alam.

 

14. Saya pikir Anda menghabiskan banyak uang untuk memproduksi bahan-bahan kampanye ini. Apakah bisa dananya digunakan lebih banyak untuk program?

Bahan-bahan kampanye dan laporan yang kami kirimkan atau berikan kepada Anda adalah bentuk pertanggungjawaban kami secara transparan dan akuntabel. Kami membuatnya dengan sederhana. Selain itu bahan-bahan kampanye kami harapkan dapat dibaca oleh banyak orang, termasuk Anda.

 

TENTANG DONASI

15. Bagaimana jika saya ingin berdonasi ke YAPPIKA-ActionAid?

Anda dapat berdonasi melalui para Public Campaigner kami yang sedang berkampanye di mall-mall, ruang terbuka publik, atau kadang juga berkunjung ke perumahan-perumahan atas ijin dari pemangku kepentingan setempat. Anda dapat berdonasi dengan menggunakan rekening bank maupun dengan kartu kredit. Public Campaigner kami akan meminta Anda untuk mengisi formulir dan tanda tangan di atas materai, memfoto kartu identitas Anda (KTP), memfoto kartu ATM, menandatangani check list kelengkapan data dan informasi yang telah disampaikan. Semua dokumen tersebut merupakan bukti kuasa debit rekening ataupun kartu kredit yang akan dilakukan oleh pihak bank.

Anda juga dapat berdonasi secara online menggunakan kartu kredit maupun virtual account di portal donasi kami yang ada di website www.yappika-actionaid.or.id

Semua data pribadi yang Anda sampaikan kepada kami aman dan kami lindungi dari segala bentuk penggunaan tidak sah di luar keperluan komunikasi dengan YAPPIKA-ActionAid. Penjelasan lebih lanjut mengenai perlindungan data pribadi dapat Anda temukan di tautan lain di website kami.

16. Apakah ada kemungkinan terjadi debet ganda terhadap akun rekening atau kartu kredit saya?

Sistem pembayaran donasi ini menggunakan sistem pembayaran yang telah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh perbankan. Kemungkinan terjadi pendebetan ganda sangat kecil. Namun demikian, apabila sampai terjadi pendebetan ganda, silahkan mengirimkan laporan melalui Donor Service kami di 021- 8066 2166, dan setelah laporan Anda kami proses, Anda akan menerima kembali kelebihan donasi tersebut.

17. Bagaimana jika saya ingin mengakhiri donasi?

Donasi Anda tidak merupakan donasi terikat. Anda Anda bias menghubungi Donor Service kami untuk bertanya hal-hal seputar donasi Anda termasuk pengajuan pemberhentian donasi.

Namun besar harapan kami agar Anda berdonasi berkelanjutan untuk memastikan advokasi dan kampanye kami berjalan terus sehingga visi dan misi kita dapat tercapai.

 

18. Apakah saya bisa berdonasi melalui ATM/Transfer?

Untuk saat ini kami tidak menerima donasi melalui ATM atau transfer langsung

 

19. Bagaimana jika saya ingin meningkatkan jumlah donasi?

Keputusan Anda untuk meningkatkan jumlah donasi sangat berharga bagi kami untuk mendukung keberlanjutan program-program yang kami jalankan guna turut mengatasi ketimpangan dan kemiskinan di masyarakat. Silahkan menghubungi kami di alamat berikut:

Donor Service
Telepon: 021-8066 2166

Kami akan mencatat informasi dari Anda dan akan mengirimkan surat konfirmasi tentang peningkatan jumlah donasi rutin Anda ke alamat Anda yang ada di dalam data kami. Surat dapat kami kirimkan melalui pos atau email.

 

20. Apakah saya bisa berdonasi hanya satu kali saja?

Kami akan selalu menyarankan kepada Anda untuk berdonasi secara rutin bulanan dan enam bulanan. Dukungan yang berkelanjutan akan sangat berharga bagi kami karena kami dapat merancang kerja-kerja dalam jangka panjang untuk turut membantu lebih banyak masyarakat terpinggirkan secara berkelanjutan pula.

Dan sekali lagi, donasi rutin dari individu-individu seperti Anda adalah tulang punggung kami untuk terus menjalankan kampanye dan advokasi secara berkelanjutan.

 

21. Apakah saya dapat berdonasi secara cash dengan memberikan langsung ke kantor YAPPIKA-ActionAid?

Kami tidak menerima donasi cash dari pihak manapun untuk menghindari tindakan manipulasi atau penggelapan dana yang mungkin terjadi.

 

 22. Bagaimana jika kartu kredit saya habis masa berlakunya atau berganti?

Bila terjadi gagal debit karena masa berlaku kartu habis atau limit plafon kartu kredit tidak mencukupi, maka team Donor Service kami akan menghubungi Anda untuk pembaharuan data.

 

23. Bagaimana jika akun rekening saya suatu saat tidak cukup untuk debit langsung bulanan?

Ada 3 kali waktu pendebitan dalam 1 bulan dalam system pendebitan langsung ini, dan bila salah satu dari 3 jadwal itu debit sudah berhasil, maka kami tidak akan melakukan debit lagi pada bulan berjalan, namun bila sampai jadwal pendebitan yang ketiga masih terjadi gagal debit, team kami akan menghubungi Anda melalui telepon untuk menginformasikan hal ini.

 

24. Bagaimana jadwal pendebitan donasi ini?

Untuk donasi melalui rekening bank, pendebitan pertama biasanya memerlukan waktu sekitar 15 – 30 hari setelah Anda menandatangani formulir persetujuan donasi. Setelah pendebitan pertama, maka pihak bank akan mendebit secara otomatis dari rekening Anda pada tanggal 2 setiap bulannya. Apabila pada tanggal 2 tersebut jatuh pada hari libur maka pendebitan akan dilakukan pada hari kerja berikutnya.

Untuk donasi melalui kartu kredit, pendebitan pertama biasanya memerlukan waktu 5 – 10 hari setelah Anda menandatangani formulir persetujuan donasi. Proses selanjutnya sama dengan debit dengan rekening bank di atas.

 

25. Bagaimana jika saya meminta kuitansi atau bukti debet dari donasi saya?

Bukti pendebetan donasi dapat dilihat di rekening koran tabungan anda atau di billing statement kartu kredit anda.

 

26. Apakah ada jaminan bahwa dana hasil donasi akan digunakan dengan baik?

Tentu saja. YAPPIKA adalah organisasi yang bertanggung jawab dalam penggunaan dana. Pengelolaan keuangan kami diaudit oleh Kantor Akuntan Publik setiap tahun. Kami selalu mempublikasikan hasil audit dan kerja-kerja kami kepada masyarakat melalui website. Silahkan kunjungi www.yappika-actionaid.or.id

Sedangkan ActionAid adalah organisasi non-profit internasional yang juga sangat bertanggung jawab dalam penggunaan dana. ActionAid juga diaudit oleh auditor independen setiap tahun dan mempublikasikan hasil audit kepada masyarakat melalui website. Silahkan kunjungi di www.actionaid.org. Hasil-hasil kerja ActionAid di berbagai negara juga ditulis dan dipublikasikan dalam laporan tahunan.

Selain itu, para donatur YAPPIKA-ActionAid akan menerima laporan tahunan dari kami dalam bentuk cetak atau elektronik serta laporan perkembangan hasil-hasil kerja yang telah dicapai berkat dukungan dana dari Anda setiap bulan.

 

27. Apakah donasi saya digunakan untuk membayar biaya telpon yang digunakan untuk menghubungi saya?

Tidak. Untuk biaya operasional dalam kegiatan penggalangan dana, kami dibantu oleh ActionAid International, sementara donasi yang anda berikan akan digunakan untuk advokasi dan kampanye demi tercapainya visi dan misi kita.

 

28. Dari mana Anda memperoleh nomor telepon saya?

Kami menjalankan kampanye-kampanye yang dipublikasikan/disebarluaskan ke masyarakat melalui berbagai cara, seperti kampanye di berbagai portal elektronik, email, Facebook, Twitter, dan kampanye langsung di tempat publik, seperti mall. Ketika Anda terlibat atau turut serta dalam kampanye tersebut, maka selanjutnya kami menghubungi Anda untuk melanjutkan dukungan dengan cara berdonasi.

 

29. Apakah data-data saya aman di YAPPIKA-ActionAid?

Untuk data perbankan ataupun data diri anda akan dijaga kerahasiaannya dan program ini tidak menerima donasi tunai, agar tidak adanya penyalagunaan dan untuk data-data Anda akan dipertanggungjawabkan keamanannya oleh YAPPIKA-ActionAid.

 

30. Apakah donasi saya dibagi untuk YAPPIKA dan ActionAid?

YAPPIKA adalah yayasan Indonesia yang menjadi anggota federasi ActionAid Internasional. ActionAid membantu YAPPIKA dengan meningkatkan kapasitas kami serta mendukung biaya operasional kami. Dana yang digalang dari publik akan dikelola oleh YAPPIKA-ActionAid untuk menjalankan program-program bersama para mitra organisasi nirlaba lokal maupun nasional. Dukungan Anda akan membuat kerja-kerja kami berkelanjutan guna memberikan manfaat bagi para pihak yang menjadi tujuan program-program kami, yaitu anak-anak, perempuan rentan, masyarakat miskin.

 

31. Saya tidak bisa menyumbang ke YAPPIKA-ActionAid karena saya sudah menyumbang ke lembaga lain.

Anda telah mendukung kerja-kerja yang sangat penting. Namun demikian, ini adalah situasi darurat yang mengancam keselamatan anak-anak kita di sekolah. Mereka belajar di sekolah yang tidak aman. Mereka membahayakan nyawanya. Persoalan ini harus dihentikan dan dukungan Anda penting untuk menyelamatkan nyawa anak-anak SD.

Selain nyawa anak-anak SD yang terancam karena ruang kelas yang rusak, di Indonesia juga banyak anak usia balita yang mengalami stunting (lambat tumbuh). Anak yang mengalami stunting biasanya memiliki tingkat IQ yang lebih rendah dari anak pada umumnya, rawan terkena penyakit berbahaya seperti jantung diabetes, dan darah tinggi. Perlu diketahui bahwa data Risest Kesehatan Dasar (2013) menunjukkan bahwa 1 dari 3 anak Indonesia mengalami stunting dan Indonesia berada di urutan ke 5 dunia paling banyak anak stunting.

Jadi kami mengajak Anda untuk mempertimbangkan hal ini karena anak-anak membutuhkannya. Selama ini kebutuhan mereka tak terungkap di publik, kalah dengan banyak persoalan yang diperbincangkan di media dan masyarakat. Persoalan mereka seolah tak tersentuh.

 

32. Saya tidak bisa donasi bulanan. Tetapi saya bisa menyumbang sekali.

Anda bisa berdonasi satu kali melalui donasi online di website www.yappika-actionaid.or.id.

Kami tidak melayani donasi satu kali pada kampanye yang dilakukan oleh para Public Campaigner di mall-mall.

Dalam setiap program yang kami lakukan, kami tidak membantu melalui pemberian uang langsung, tetapi menggunakan donasi ini dengan lebih berguna lagi untuk mendorong pemerintah melakukan perbaikan peraturan agar tercipta sistem yang baik terkait anggaran untuk bangunan sekolah, melakukan pemberdayaan masyarakat untuk mencegah dan menangani kasus stunting, melakukan penelitian untuk menyajikan data-data yang akurat, dan berkampanye kepada publik luas untuk memberi perhatian kepada persoalan-persoalan yang kami informasikan. Masa depan anak-anak juga berada di tangan kita.

 

 PROGRAM KAMPANYE SEKOLAH AMAN

 

33. Bagaimana Anda membantu sekolah yang rusak? Apakah Anda akan memperbaiki gedung sekolah?

Memperbaiki gedung sekolah secara langsung dari donasi yang terkumpul adalah cara yang tidak menjamin keberlanjutan. Mengapa demikian? Karena perbaikan sekolah menjadi bergantung kepada sumbangan masyarakat yang tidak tetap. Perbaikan sekolah adalah kewajiban pemerintah. YAPPIKA-ActionAid akan mendesak pemerintah untuk menjadikan perbaikan ruang kelas sekolah sebagai prioritas kerja mereka. Jadi pemerintah harus menyediakan dana yang cukup dan mengerjakan perbaikan segera. Sedangkan YAPPIKA-ActionAid bersama-sama dengan mitra organisasi lokal akan mendesak pemerintah pusat dan daerah untuk segera memperbaiki ruang kelas yang rusak. Kami bersama-sama dengan beberapa kelompok masyarakat akan memantau perkembangannya dan melaporkan kepada Anda hasilnya.

Untuk mendesak pemerintah, kami melakukan penelitian untuk menyajikan data-data akurat tentang sekolah rusak dan dampak yang dialami masyarakat, penelitian untuk menganalisa anggaran pemerintah pusat maupun daerah, kampanye kepada masyarakat luas untuk memperoleh dukungan melalui berbagai petisi guna disampaikan kepada pemerintah, bertemu dengan pemerintah dan DPR untuk menyampaikan persoalan sekolah rusak. YAPPIKA-ActionAid mendukung mitra organisasi lokal untuk memantau pelaksanaan permintaan masyarakat untuk perbaikan sekolah, memberi pelatihan kepada komite sekolah untuk membaca anggaran dan meningkatkan kemampuan untuk bernegosiasi dengan pemerintah dalam pertemuan resmi.

Namun sebagian dana yang terkumpul akan digunakan untuk membantu memperbaiki gedung sekolah yang rusak. Ini dilakukan jika situasinya sangat mendesak karena kondisi gedung terancam roboh dan berbahaya bagi anak-anak.

 

34. Dari mana sumber data yang Anda gunakan?

Kami menggunakan data resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Keuangan.

 

35. Bagaimana penjelasan Anda mengapa 1 dari 6 ruang kelas SD rusak?

Mengacu pada data dari Kemendikbud per Desember 2015, terdapat 1.036.552 ruang kelas SD di Indonesia (Negeri dan Swasta). Dari jumlah tersebut, terdapat 69.841 (6,74%) ruang kelas SD yang mengalami rusak sedang, 57.222 (5,52%) ruang kelas SD yang mengalami rusak berat, dan 56.176 (5,42%) yang mengalami rusak total. Jumlah ruang kelas SD yang rusak di 3 kategori tersebut kemudian kami jumlahkan dan didapatlah angka 183.239 (17,68%). Rasio 17,68% tersebut kemudian kami sederhanakan menjadi 1 dari 6 ruang kelas SD rusak. Adapun ruang kelas yang mengalami rusak ringan, kami tidak hitung karena efeknya yang tidak terlalu signifikan terhadap proses belajar mengajar. 

 

36. Bagaimana penjelasan Anda mengapa 1 dari 8 siswa SD terancam bahaya karena ruang kelas rusak?

Mengacu pada data dari Kemendikbud per Desember 2015, terdapat 25.885.053 siswa SD di Indonesia. Kami kemudian menggunakan rasio ruang kelas SD yang mengalami rusak sedang dan berat (6,74% + 5,52% = 12,26%) untuk melakukan simulasi dan mendapatkan berapa jumlah siswa yang bersekolah di ruang SD yang rusak. Didapatlah angka hasil simulasi sebanyak 3.173.508 siswa yang jika disederhanakan menjadi 1 dari 8 siswa SD yang terancam bahaya karena sekolah di ruang kelas rusak. Ruang kelas SD yang mengalami rusak total tidak diikutsertakan karena biasanya memang sudah tidak digunakan untuk proses belajar mengajar.

 

37. Bagaimana penjelasan Anda bahwa pemerintah perlu 20 tahun untuk memperbaiki ruang kelas SD yang rusak?

Kami mengacu pada data dari Kemendikbud per Januari 2016 terkait tren realisasi rehabilitasi ruang kelas SD. Pada tahun 2013 sebanyak 8158 ruang kelas, tahun 2014 sebanyak 9870 ruang kelas, dan tahun 2015 sebanyak 9811 ruang kelas. Jika tren 3 tahun tersebut dirata-ratakan, berarti setiap tahunnya pemerintah merehabilitasi 9280 ruang kelas. Rata-rata realisasi rehabilitasi tersebut kemudian digunakan untuk memprediksikan waktu yang dibutuhkan untuk merehabilitasi seluruh ruang kelas SD rusak yang berjumlah 183.239 ruang kelas, yakni 20 tahun.

 

38. Apakah Anda sudah memperoleh ijin untuk mempublikasikan foto-foto anak-anak untuk kampanye tersebut?

Kami telah mendapatkan izin tertulis untuk mempublikasikan foto siswa dalam kampanye ini dari kepala sekolah yang bersangkutan sebagai pihak yang bertanggung jawab di sekolah. 

 

39. Di mana wilayah kerja program ini?

Sebagai awalan, program ini akan dijalankan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan Kabupaten Serang, Banten. 

 

40. Dengan siapa saja Anda bekerja sama atau bermitra?

Di Kabupaten Bogor, kami bermitra dengan Komite Pemantau Legislatif (Kopel). Adapun di Kabupaten Serang, kami bermitra dengan Pusat Telaah dan Informasi Regional (Pattiro). 

 

41. Apa yang akan Anda lakukan jika pemerintah marah kepada Anda dengan kampanye ini?

Kami akan mencari tahu sebab kemarahan pemerintah dan mengklarifikasi tujuan, cara kerja, basis data, dan hal-hal lain yang perlu diketahui pemerintah tentang kampanye ini. Kami akan meyakinkan pemerintah bahwa kampanye yang kami lakukan ini sejalan dengan rencana strategis mereka untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak Indonesia. 

 

42. Bagaimana caranya masyarakat melaporkan informasi tentang SD rusak? Kepada siapa?

Masyarakat dapat melaporkan informasi tentang SD rusak kepada YAPPIKA-ActionAid melalui email di Kampanye@yappika-actionaid.or.id

 

43. Apakah YAPPIKA-ActionAid menerima pengaduan tentang sekolah rusak?

 Ya. 

 

44. Bagaimana YAPPIKA-ActionAid menangani pelaporan masyarakat tentang sekolah rusak?

Informasi tersebut akan kami kumpulkan dan olah sebagai data alternatif dari data yang dimiliki oleh pemerintah. Melalui data alternatif tersebut, kami akan mendorong pemerintah untuk mengalokasikan anggaran yang cukup dan memprioritaskan rehabilitasi terhadap SD yang memang benar-benar membutuhkan.

 

45. Apakah YAPPIKA-ActionAid juga menangani kasus-kasus keberadaan dan kualitas guru SD?

Pada tahun ini, kami akan fokus pada isu SD rusak. Namun, tahun depan dan tahun-tahun berikutnya, kami mempertimbangkan untuk begerak untuk isu-isu lain di sektor pendidikan. Khususnya terkait isu keberadaan dan kualitas Guru SD yang memang signifikan perannya untuk mendorong pendidikan yang berkeadilan dan berkualitas. 

 

46. Apa yang perlu saya lakukan jika saya menemui kasus sekolah atau ruang kelas rusak?

Melaporkannya kepada YAPPIKA-ActionAid melalui telepon:  021-8191623

 

47. Apakah saya aman jika melaporkan kasus sekolah rusak?

Aman. Karena identitas pelapor sebagai sumber informasi dapat dirahasiakan. 

 

48. Apa yang akan dilakukan oleh YAPPIKA-ActionAid jika ada intimidasi kepada saya karena laporan yang saya buat?

Kami akan membantu pelapor untuk mendapatkan pendampingan hukum jika memang dibutuhkan.

 

KOMUNIKASI

49. Kapan informasi dari YAPPIKA-ActionAid dikirimkan ke saya?

Setelah Anda berdonasi dan berhasil didebit pertama dari rekening atau kartu kredit Anda, maka Anda akan memperoleh email dan SMS berisi ucapan selamat bergabung dengan YAPPIKA-Actionaid, Welcome Pack yang berisi surat dari Direktur Eksekutif, brosur YAPPIKA-ActionAid, sticker, dan magnet.

Setiap bulan, Anda akan memperoleh kiriman email dari alamat donor.service@yappika-actionaid.or.id yang berisi update program-program kami maupun informasi lainnya.

Setiap tahun sekali, Anda akan memperoleh kiriman email dari alamat yang sama berisi laporan tahunan yang di dalamnya juga memuat hasil audit keuangan yang dilakukan oleh auditor independen.

Setiap 6 bulan sekali, Anda akan memperoleh bulletin berisi informasi mengenai program-program yang kami laksanakan.

 

50. Saya tidak mengerti isi informasi yang Anda kirimkan (terlalu kompleks, sulit dipahami). Apakah bisa dijelaskan?

Mohon menjelaskan bagian mana yang tidak Anda mengerti dengan mengirimkan ke email donor.service@yappika-actionaid.or.id. Kami akan mencatatnya dan selanjutnya mendiskusikannya dengan team untuk keperluan perbaikan.

 

51. Saya pikir Anda menghabiskan banyak uang untuk memproduksi bahan-bahan kampanye ini. Apakah bisa dananya digunakan lebih banyak untuk program?

Bahan-bahan kampanye dan laporan yang kami kirimkan atau berikan kepada Anda adalah bentuk pertanggungjawaban kami. Kami membuatnya dengan sederhana. Selain itu bahan-bahan kampanye kami harapkan dapat dibaca oleh banyak orang, termasuk Anda.