EnglishIndonesia

Berita Terkini

21
Aug

Bedah Buku: Ketimpangan Pembangunan Indonesia

Pada 21 Agustus 2014, Megawati dari YAPPIKA menghadiri undangan Halal Bihalal dan peluncuran buku “KETIMPANGAN PEMBANGUNAN INDONESIA dari  BERBAGAI ASPEK”. Buku yang diluncurkan oleh INFID ini merupakan bunga rampai yang ditulis oleh Yustinus Prastowo, Arief Anshory Yusuf, Herjuno Ndaru Kinarsih, Tursia, M. Firdaus, Irhash Ahmady, Ah Maftuchan, Mike Verawaty Tangka dan Tim INFID. Mengapa dan bagaimana ketimpangan di Indonesia bisa terjadi? Buku ini mencoba menjawabnya dengan menyajikan berbagai data, informasi dan argumentasi. Selain itu, buku ini juga melihat berbagai macam ketimpangan yang terjadi pada berbagai sektor seperti perbankan, pertanian, perpajakan, pendidikan dan kesehatan di Indonesia.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Akmani ini terbagi menjadi tiga sesi. Pertama, paparan para penulis yaitu Yustinus Prastowo dari Perkumpulan PRAKARSA yang menyampaikan pokok-pokok isi buku dan Dr. Arief Anshory Yusuf dari Universitas Padjajaran Bandung yang mengupas tentang kondisi ketimpangan di Indonesia.

Pada sesi kedua, tiga orang penanggap menyampaikan tanggapan atas isi buku dari berbagai perspektif atau sudut pandang. Dari pemerintah, hadir Dr. Lukita Dinarsyah Tuwo, Wakil Menteri PPN. Dari Megawati Institute, hadir Dr. Arief Budimanta. Dari perspektif peneliti, hadir Athia Yumma, Peneliti Senior SMERU.

Dalam paparannya, masing-masing penanggap menyampaikan apresiasi atas terbitnya buku ini. Dr. Lukita menyadari apa yang disampaikan oleh penulis merupakan pekerjaan rumah bersama yang harus segera diselesaikan tidak hanya oleh pemerintah tapi juga seluruh stakeholder dan masyarakat Indonesia. Sementara Athia Yuma menyatakan penelitian terhadap ketimpangan-ketimpangan yang terjadi di Indonesia masih sangat sedikit dan perlu dicari solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ketimpangan ini.

Sesi ketiga merupakan ruang diskusi dan tanya jawab. Beberapa pertanyaan dan masukan yang disampaikan oleh peserta membuat acara ini semakin hangat. Sayangnya, karena keterbatasan waktu, hanya sampai pada empat orang penanya saja yang diberi kesempatan.

Buku tersebut dapat diperoleh di sini: http://www.scribd.com/doc/236473074/Buku-Ketimpangan-Pembangunan-Indonesia#download