RA dan Ibunya di desa nelayan di Jembar

Ancaman Stunting Menghambat Mimpi-Mimpi Mereka!

Setiap anak Indonesia berhak untuk menjadi #AnakSehat, namun begitu, fakta di lapangan berbicara lain: 3 dari 10 anak di Indonesia mengalami stunting, suatu kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan energi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Kondisi stunting ini tidak hanya menyebabkan terhambatnya tumbuh kembang fisik dan mental mereka, tetapi juga membuat mereka rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Atas dasar kekhawatiran ini, YAPPIKA-ActionAid melahirkan program #AnakSehat, sebuah program untuk mendesak pemerintah dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA), serta peningkatan gizi dan pengurangan angka stunting. Program ini diharapkan akan menghasilkan pusat informasi Kesehatan Ibu dan Anak, sistem deteksi dini mengenai stunting, forum multipihak di tingkat desa, serta pengadaan Kebun Gizi dan Dapur Sehat.

#AnakSehat akan dijalankan dengan strategi 4 M: 

  1. Mengenali
    Tujuannya adalah agar warga desa mampu mengenali ciri perempuan hamil yang sehat, anak balita yang sehat, lingkungan yang sehat, ciri anak stunting.

  2. Mencegah
    Tujuannya adalah mengajak warga untuk mencegah stunting melalui kampanye (gizi dan pengolahan makanan bergizi), membangun model penanganan gizi ibu dan anak bersama kader Posyandu dan Bidan Desa, mengembangkan kebun sehat berbasis komunitas.

  3. Mendampingi
    Tujuannya adalah memantau kasus stunting di tingkat desa, memantau penanganan terhadap kasus stunting, serta melakukan pendampingan terhadap anak stunting dan keluarganya.

  4. Mengawasi
    Tujuannya adalah mengadvokasi pemerintah untuk menaikkan anggaran untuk intervensi stunting dan mengawasi penggunaannya agar tepat sasaran, memantau status gizi ibu dan anak, menganalisa data kasus gizi dan stunting, serta mengembangkan mekanisme deteksi dini stunting di tingkat desa. 

Program ini kami mulai di Jember yang memiliki prevalensi angka stunting cukup tinggi 44,1 dan menjadi salah satu dari 100 kabupaten/kota prioritas penanganan stunting nasional. Yuk saatnya jadikan tiap anak Indonesia menjadi #AnakSehat!

YAPPIKA adalah organisasi nirlaba yang telah 25 tahun bekerja melawan ketimpangan dan mendesak pemenuhan hak pelayanan publik kepada negara. Kini upaya tersebut dilakukan bersama dengan ActionAid, sebuah organisasi nirlaba internasional yang setiap hari bekerja melawan kemiskinan dan ketimpangan sosial di seluruh dunia.