Communication Officer

YAPPIKA (anggota Federasi ActionAid International) adalah organisasi masyarakat sipil yang telah bekerja untuk advokasi kebijakan dan perbaikan layanan publik di Indonesia selama lebih dari 30 tahun. YAPPIKA memandang penting peran komunikasi dan kampanye dalam menyuarakan kerja-kerja yang sedang dilakukan dan mendorong upaya advokasi program.

YAPPIKA-ActionAid mengundang para profesional yang berkompeten, berpengalaman dan berkomitmen untuk mengisi posisi berikut: 

Communication Officer - Jakarta 

Gambaran Umum Peran

Communication Officer akan mendukung line manager dalam mengembangkan strategi utama komunikasi dan kampanye untuk meningkatkan branding and visibilty organisasi. Secara teknis bertanggung jawab untuk menyusun strategi utama komunikasi dan kampanye organisasi mencakup digital and non digital campaign/communication, termasuk untuk memperkuat usaha-usaha advokasi; communication material development; pengembangan panduan branding and visibility untuk mendukung spesifik implementasi program; meningkatkan kualitas relasi dengan mitra media cetak dan elektronik. Peran ini juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan dukungan peningkatan kapasitas kepada mitra program dalam hal pengembangan strategi komunikasi dan kampanye.

Communication Officer akan bertanggung jawab kepada Director of Organizational Development and Impact. Staf akan bekerja sama dengan staf Divisi Komunikasi serta berkoordinasi dengan lintas divisi dan unit di YAPPIKA-ActionAid.

Tanggung Jawab dan Tugas Utama

Communication Material Development

  •  Menyusun rencana kerja komunikasi meliputi strategi utama komunikasi dan kampanye serta rencana editorial.
  •  Melakukan pengumpulan raw material komunikasi melalui berbagai metode seperti field visit, analisis dokumen sekunder, dan lainnya dengan hasil kerja antara lain foto, video, dan cerita lapangan.
  •  Menyusun konsep komunikasi yang digunakan sebagai panduan proses kreatif untuk menghasilkan produk komunikasi dalam mendukung kerja-kerja fundraising, publikasi, akuntabilitas organisasi, dan advokasi untuk gerakan sosial.
  •  Berkoordinasi dengan bagian lain untuk memastikan proses penyusunan gagasan hingga proses kreatif berjalan dengan efektif sehingga menghasilkan produk komunikasi yang diharapkan.
  •  Mengelola comm material bank yaitu pusat penyimpanan bahan dan produk publikasi organisasi.

Organizational Branding and Visibility 

  •  Menyusun strategi untuk meningkatkan citra positif organisasi dan akuntabilitas organisasi di tengah-tengah publik.
  •  Menyusun panduan branding dan visibility untuk digunakan oleh organisasi dan untuk memenuhi kebutuhan spesifik implementasi program (termasuk memenuhi permintaan dari lembaga donor).
  •  Mengkoordinasikan penyelenggaraan event-event organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan visibility organisasi.
  •  Mengimplementasikan strategi komunikasi dan kampanye dalam program-program organisasi, termasuk dalam memperkuat usaha-usaha advokasi.
  •  Bertanggung jawab terhadap digital appearance organisasi di berbagai channel updated sesuai dengan terbaru (akun sosial media, website, google maps, dan lainnya).

Partners and Donors Relationship

  • Memberikan dukungan peningkatan kapasitas bagi mitra jaringan dan mitra program dalam pengembangan strategi komunikasi dan kampanye.
  • Menyusun panduan teknis bagi mitra jaringan dan mitra program untuk implementasi strategi komunikasi/kampanye, branding dan visibility organisasi.
  • Menjadi focal point dalam relasi antara organisasi dan mitra terkait dengan implementasi strategi komunikasi/kampanye, branding dan visibility
  • Menyusun strategi komunikasi untuk diimplementasikan spesifik pada program tertentu yang bekerja sama dengan lembaga donor.
  • Menyusun panduan komunikasi yang sesuai dengan kebijakan/ketentuan lembaga donor yang bekerja sama pada program tertentu.

Kualifikasi

  1. Pendidikan S1 atau lebih, semua jurusan.
  2. Berpengalaman dalam bekerja mengelola komunikasi organisasi setidaknya 2 tahun.
  3. Memiliki pengetahuan yang baik tentang komunikasi dan kampanye publik (digital and non digital communication/campaign).
  4. Memiliki pengetahuan yang baik tentang pendekatan Human Rights Based Approach.
  5. Memiliki pengetahuan yang baik tentang manajemen project (perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan budgeting).
  6. Memiliki keterampilan menulis jurnalistik dan melakukan reportase, termasuk analisis data sekunder.
  7. Memiliki keterampilan dalam mendokumentasikan peristiwa baik foto, video, audio.
  8. Memiliki keterampilan dalam mengembangkan perencanaan komunikasi.
  9. Memiliki keterampilan dalam membangun relasi dengan media (pers).
  10. Memiliki keterampilan pedagogis, khususnya terkait dengan peningkatan kapasitas bagi mitra.
  11. Memiliki keterampilan dalam mengoperasikan MS Word, MS Excel, MS Power Point, dan aplikasi desain grafis.
  12. Memiliki keterampilan dalam mengelola sosial media.
  13. Memiliki kemampuan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris tertulis dan verbal yang baik.
  14. Bersedia untuk melaksanakan prinsip-prinsip dan kebijakan YAPPIKA serta Federasi ActionAid.
  15. Bersedia bekerja dengan jadwal yang fleksibel serta melakukan perjalanan ke wilayah-wilayah kerja YAPPIKA.

Mohon mengirimkan surat lamaran, CV, dan portfolio dengan subjek: CO_<nama> ke recruitment@yappika-actionaid.or.id paling lambat tanggal 15 Oktober 2024. 

Semua pelamar akan dijaga kerahasiaannya. Hanya pelamar yang sesuai dengan kualifikasi yang akan dihubungi dan diundang untuk interview. 

Mohon untuk menuliskan 3 nama pemberi referensi dari tempat kerja sebelumnya di CV:

Nama organisasiNama pemberi referensiPosisiNo. teleponEmail