Lowongan Communication Officer

YAPPIKA ActionAid adalah organisasi nirlaba yang telah berkiprah selama 30 tahun di Indonesia yang bekerja untuk advokasi kebijakan dan perbaikan layanan publik di Indonesia. Pada Tahun 2016, resmi bergabung menjadi anggota Federasi ActionAid Internasional. Sedangkan ActionAid adalah federasi organisasi nirlaba yang beranggotakan organisasi-organisasi nirlaba di 45 negara. YAPPIKA-ActionAid memiliki misi yang beririsan, yaitu memerangi kemiskinan dan ketidakadilan. Misi tersebut dilakukan bersama-sama masyarakat.


YAPPIKA-ActionAid mengundang para profesional yang berkompeten, berpengalaman dan berkomitmen untuk mengisi posisi berikut:

 

Communication Officer

Peran dan Tanggung Jawab :

  • Bertanggung jawab dan memberi dukungan kepada Head of Programme dan Executive Director dalam mengembangkan sistem pendokumentasian, publikasi, kampanye terkait dengan kerja-kerja YAPPIKA-ActionAid serta penyiapan laporan tahunan.
  • Mengembangkan dan memproduksi materi-materi komunikasi publik terkait dengan capaian dan pembelajaran program serta agenda advokasi organisasi.
  • Mengelola platform sosial media dan website yang dimiliki oleh organisasi untuk mendukung kegiatan publikasi dan kampanye.
  • Berkoordinasi dengan Tim Komunikasi Unit Fundraising dalam hal penyusunan rencana dan jadwal kampanye, termasuk pengelolaan platform sosial media dan website organisasi.
  • Melakukan content update sosial media dan website organiasi.
  • Memproduksi pedoman praktis pendokumentasian, publikasi dan kampanye yang dapat digunakan oleh mitra kerja dalam implementasi program di lapangan.
  • Berkoordinasi dengan Staf Monitoring dan Evaluasi dalam hal pendokumentasian capaian-capaian program.
  • Mendukung Tim Program dalam proses komunikasi maupun memproduksi produk-produk komunikasi kepada pihak donor.
  • Memastikan semua materi publikasi telah sesuai dengan ketentuan branding and visibility yang dikeluarkan oleh donor.
  • Memberikan kegiatan peningkatan kapasitas dan pendampingan yang dibutuhkan oleh organisasi mitra kerja terkait dengan pendokumentasian dan publikasi program.
  • Berkontribusi terhadap pengembangan YAPPIKA-ActionAid secara kelembagaan dan penerapan prinsip serta kebijakan Federasi ActionAid.
  • Melakukan tugas-tugas administrasi sesuai dengan bidang kerjanya, termasuk mengelola sumber daya yang berada di bawah tanggung jawabnya.

Kualifikasi :

  • Pendidikan minimal S1 atau lebih diutamakan dari jurusan komunikasi, jurnalistik.
  • Minimal memiliki 3 tahun pengalaman kerja memimpin/mengelola pendokumentasian, publikasi dan kampanye organisasi nirlaba.
  • Memiliki kemampuan memproduksi karya tulis dan desain grafis.
  • Terampil menggunakan komputer, khususnya dalam Aplikasi Office (Word, Excel, PowerPoint), publishing software serta pengelolaan sosial media dan website.
  • Mampu mengembangkan modul atau panduan teknis tentang pendokumentasian, publikasi dan kampanye program yang dapat diimplementasikan mitra kerja di lapangan.
  • Diutamakan yang memiliki kemampuan fotografi dan videografi.
  • Memiliki komunikasi tertulis dan verbal yang baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  • Bersedia untuk melaksanakan prinsip-prinsip dan kebijakan YAPPIKA-ActionAid serta Federasi ActionAid.
  • Bersedia bekerja dalam lingkungan kerja yang menjunjung tinggi keberagaman dan non diskriminatif.
  • Bersedia bekerja dengan jadwal yang fleksibel, serta melakukan perjalanan ke wilayah-wilayah kerja YAPPIKA-ActionAid.


Silahkan mengirimkan aplikasi dan juga CV dengan subject : CO_<nama> ke recruitment@yappika-actionaid.or.id selambat-lambatnya 11 Agustus 2021. Semua aplikasi akan diperlakukan secara rahasia. Hanya kandidat terpilih akan dihubungi dan diundang untuk wawancara.

Mohon juga menyertakan pemberi referensi sebanyak 3 (tiga) orang (nama, nomor telepon, alamat email, organisasi dan posisi) di dalam CV.