YAPPIKA ActionAid adalah
organisasi nirlaba yang telah berkiprah selama 30 tahun di Indonesia yang
bekerja untuk advokasi kebijakan dan perbaikan layanan publik di Indonesia.
Pada Tahun 2016, resmi bergabung menjadi anggota Federasi ActionAid
Internasional. Sedangkan ActionAid adalah federasi organisasi nirlaba yang
beranggotakan organisasi-organisasi nirlaba di 45 negara. YAPPIKA-ActionAid
memiliki misi yang beririsan, yaitu memerangi kemiskinan dan ketidakadilan.
Misi tersebut dilakukan bersama-sama masyarakat.
YAPPIKA-ActionAid
mengundang para profesional yang berkompeten, berpengalaman dan berkomitmen
untuk mengisi posisi berikut:
Communication Officer
Peran dan Tanggung Jawab :
- Bertanggung
jawab dan memberi dukungan kepada Head of Programme dan Executive
Director dalam mengembangkan sistem pendokumentasian, publikasi, kampanye
terkait dengan kerja-kerja YAPPIKA-ActionAid serta penyiapan laporan tahunan.
- Mengembangkan
dan memproduksi materi-materi komunikasi publik terkait dengan capaian dan
pembelajaran program serta agenda advokasi organisasi.
- Mengelola
platform sosial media dan website yang dimiliki oleh organisasi untuk
mendukung kegiatan publikasi dan kampanye.
- Berkoordinasi
dengan Tim Komunikasi Unit Fundraising dalam hal penyusunan rencana dan jadwal
kampanye, termasuk pengelolaan platform sosial media dan website
organisasi.
- Melakukan content
update sosial media dan website organiasi.
- Memproduksi
pedoman praktis pendokumentasian, publikasi dan kampanye yang dapat digunakan
oleh mitra kerja dalam implementasi program di lapangan.
- Berkoordinasi
dengan Staf Monitoring dan Evaluasi dalam hal pendokumentasian capaian-capaian
program.
- Mendukung
Tim Program dalam proses komunikasi maupun memproduksi produk-produk komunikasi
kepada pihak donor.
- Memastikan
semua materi publikasi telah sesuai dengan ketentuan branding and visibility
yang dikeluarkan oleh donor.
- Memberikan
kegiatan peningkatan kapasitas dan pendampingan yang dibutuhkan oleh organisasi
mitra kerja terkait dengan pendokumentasian dan publikasi program.
- Berkontribusi
terhadap pengembangan YAPPIKA-ActionAid secara kelembagaan dan penerapan
prinsip serta kebijakan Federasi ActionAid.
- Melakukan
tugas-tugas administrasi sesuai dengan bidang kerjanya, termasuk mengelola
sumber daya yang berada di bawah tanggung jawabnya.
Kualifikasi
:
- Pendidikan
minimal S1 atau lebih diutamakan dari jurusan komunikasi, jurnalistik.
- Minimal
memiliki 3 tahun pengalaman kerja memimpin/mengelola pendokumentasian,
publikasi dan kampanye organisasi nirlaba.
- Memiliki
kemampuan memproduksi karya tulis dan desain grafis.
- Terampil
menggunakan komputer, khususnya dalam Aplikasi Office (Word, Excel,
PowerPoint), publishing software serta pengelolaan sosial media dan website.
- Mampu
mengembangkan modul atau panduan teknis tentang pendokumentasian, publikasi dan
kampanye program yang dapat diimplementasikan mitra kerja di lapangan.
- Diutamakan
yang memiliki kemampuan fotografi dan videografi.
- Memiliki
komunikasi tertulis dan verbal yang baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa
Inggris.
- Bersedia
untuk melaksanakan prinsip-prinsip dan kebijakan YAPPIKA-ActionAid serta
Federasi ActionAid.
- Bersedia
bekerja dalam lingkungan kerja yang menjunjung tinggi keberagaman dan non
diskriminatif.
- Bersedia
bekerja dengan jadwal yang fleksibel, serta melakukan perjalanan ke
wilayah-wilayah kerja YAPPIKA-ActionAid.
Silahkan
mengirimkan aplikasi dan juga CV dengan subject : CO_<nama> ke recruitment@yappika-actionaid.or.id
selambat-lambatnya 11 Agustus 2021. Semua aplikasi akan diperlakukan secara rahasia. Hanya
kandidat terpilih akan dihubungi dan diundang untuk wawancara.
Mohon juga menyertakan pemberi referensi
sebanyak 3 (tiga) orang (nama, nomor telepon, alamat email, organisasi dan
posisi) di dalam CV.