Updates

21
Sep

KONSOLIDASI NASIONAL MASYARAKAT PEDULI PELAYANAN PUBLIK (MP3)

pilihan-02

Pada 15-17 September 2016 lalu bertempat di Hotel Balairung Jakarta, YAPPIKA sebagai sekretariat Masyarakat Peduli Pelayanan Publik (MP3) menyelenggarakan Lokakarya Konsolidasi MP3. Lokakarya yang dihadiri lebih dari lebih dari 60 peserta perwakilan Simpul Jakarta dan daerah ini merupakan refleksi gerakan MP3 lima tahunan sebagai konteks untuk menyusun agenda lima tahun ke depan.
Selain melakukan refleksi dan mengidentifikasi kekuatan MP3, lokakarya mendiskusikan pula beberapa perubahan eksternal yang berpengaruh terhadap kualitas gerakan dan agenda MP3. Seperti reformasi birokrasi, pengaruh perdagangan dan pembangunan global pada pelayanan publik, pelayanan publik untuk kelompok rentan, visi Open Government Indonesia, penguatan lembaga ORI, serta JKN sebagai fondasi pemerataan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

pilihan-06

Terdapat tiga hasil utama dalam pertemuan tersebut, pertama, penetapan lima agenda utama MP3 yaitu :
1) memperkuat ruang-ruang partisipasi (yang ada atau baru) dengan meningkatkan posisi tawar warga,
2) (mekanisme) pengelolaan pengaduan yang menghubungkan berbagai mekanisme pengaduan mulai dari warga hingga nasional,
3) perlindungan sosial untuk mengurangi dampak privatisasi pelayanan publik,
4) reformasi birokrasi, serta
5) penguatan kelembagaan MP3.

pilihan-04

Kelima agenda tersebut akan dikawal oleh Pokja yang bertugas menjaga komunikasi atau membagi informasi mengenai platform atau agenda. Kedua, merumuskan empat rencana tindak lanjut utama yaitu revitalisasi alat komunikasi, penyusunan hasil lokakarya MP3 oleh tim kecil, audiensi ke beberapa lembaga negera yang akan menjadi stakeholder kunci MP3, serta Raker MP3 pada kuartal ke empat tahun 2016.

pilihan-01

Dalam lokakarya yang difasilitasi oleh Abdi Suryaningati dan Yulius Hendra ini, YAPPIKA dipilih kembali sebagai sekretariat MP3 dan koordinator sekretariat untuk lima tahun ke depan adalah Hendrik Rosdinar, Manager Divisi Advokasi Riset dan Kampanye YAPPIKA. Lokakarya ini terselenggara dengan dana swadaya keseluruhan anggota MP3 dan dukungan YAYASAN TIFA.