EnglishIndonesia

Berita Terkini

12
Jul

Pelatihan Jurnalisme Warga

Sebagai bagian dari semangat untuk berbagi kepada anak-anak Indonesia, khususnya di bidang pendidikan, pada tanggal 8 Mei 2018 kemarin, YAPPIKA-ActionAid dan KOPEL Bogor mengadakan pelatihan jurnalisme warga. Kegitan ini merupakan pelatihan yang ditujukan untuk masyrakat peduli pendidikan dampingan KOPEL dan YAPPIKA-ActionAid di kabupaten Bogor.

jurnalisme warga

Pelatihan ini diawali dengan penjelasan terkait apa itu jurnalisme warga.?, kemudian kenapa musti penting untuk diadakan.? dan keluarannya akan seperti apa.?

Setelah menjelaskan terkait hal yang diatas, peserta diajak untuk mencoba menulis berita dengan tema pendidikan lalu kemudian nntinya akan di evaluasi bersama dengan meliahat apa yang kurang dan apa yang perlu di tambahkan dalam setiap tulisan yang dibuat.

Namun sebelum masuk pada tulisan tentunya peserta di bekali dulu bagaiman tekhnik penulisan dan apa saja yang penting dimasukkan ketika menulis berita. Hal ini di pandu langsung oleh tim dari media Radar Bogor dan juga relawan Mahasiswa dari Universitas Pancasila jurusan ilmu komunikasi yang membekali peserta tentang bagaimna cara pengambilan sudut gambar yang tepat ketika ingin menulis berita yang disertai dengan gambar/foto.

Setelah menulis, peserta di ajak untuk berdiskusikan hasil tulisan sebelum tulisan tersebut dinyatakan fix untuk dimasukkan pada news leater nantinya.

Setelah berdiskusi, peserta diajak ke kantor redaksi Media Radar Bogor untuk melihat langsung bagimana proses pembuatan berita sampai pada berbagi pengalaman dengan para wartawan Radar Bogor terkait cara penulisan dan semangat pembuatan berita setiap harinya. Setelah itu langsung saja semua peserta pamit untuk bubar ke rumah masing-masing.