EnglishIndonesia

Berita Terkini

26
May

Perbaikan SDN Sampang dan SDN Periuk Sebagai Langkah Maju Dari #SekolahAman

WhatsApp Image 2016-12-07 at 15.59.18
Dalam waktu 5 bulan, program #SekolahAman yang diinisiasi dan dikelola oleh YAPPIKA-ActionAid bersama dengan Mitra Daerah telah menghasilkan beberapa capaian penting. 2 sekolah yang didampingi oleh PATTIRO Banten sebagai Mitra di Kabupaten Serang berhasil mendapatkan respons cepat berupa alokasi perbaikan. Saat ini, proses perbaikan SDN Sampang dan SDN Periuk sedang berjalan dan ditargetkan akan selesai pada akhir 2016. 311 anak pun berhasil diselamatkan dari ancaman sekolah roboh. Sebentar lagi, mereka akan bisa belajar dengan aman dan nyaman.

KOPEL sebagai Mitra di Kabupaten Bogor telah mendapatkan komitmen dari Dinas Pendidikan dan Komisi Bidang Pendidikan DPRD untuk memprioritaskan 2 sekolah yang didampingi untuk mendapatkan alokasi perbaikan dan pembangunan ruang kelas baru pada tahun 2017. Selain itu Pemerintah Kabupaten Bogor berkomitmen untuk memprioritaskan persoalan infrastruktur pendidikan sebagai persoalan utama pendidikan di Kabupaten Bogor.

Respons cepat dan komitmen dari Pemerintah Kabupaten Serang dan Bogor tersebut berhasil didapatkan berkat temuan-temuan tentang persoalan sekolah yang berhasil dikumpulkan melalui riset dan dikemas dalam bentuk usulan kebijakan (Policy Brief). Lalu kerja sama dengan media lokal yang menghasilkan 27 berita di Kabupaten Serang dan 24 berita di Kabupaten Bogor tentang kampanye #SekolahAman yang membuat pemerintah segera merespons. Selain itu, tentu saja pemberdayaan komunitas sekolah (kepala sekolah, guru, komite, orang tua siswa, & pemerintah/warga desa) yang membuat mereka mampu menyampaikan keluhan dan aspirasi mereka kepada pemerintah. Pemberdayaan 2 komunitas sekolah di Kabupaten Serang telah melibatkan 46 orang, sedangkan di Kabupaten Bogor telah melibatkan 45 orang.

Mari bantu YAPPIKA-ActionAid guna mempercepat proses perbaikan gedung sekolah di Indonesia.