EnglishIndonesia

Partisipasi Warga

Evidence-based Policy Making – 2017-2018
Tujuan: Untuk meningkatkan kolaborasi antara publik, OMS, dan pemerintah daerah dalam memperbaiki kualitas dan akuntabilitas pelayanan publik melalui partisipasi masyarakat via LAPOR-SP4N.
Outcome:

1. Meningkatnya kapasitas dan partisipasi publik dalam menggunakan data dan informasi dari LAPOR-SP4N untuk perbaikan pelayanan publik. Hal ini akan dicapai melalui upaya:

  1. Mengembangkan alat analisis untuk mengolah data dan informasi dari LAPOR-SP4N menjadi kebijakan berbasis bukti.
  2. Menyelenggarakan training dan berbagai bentuk peningkatan kapasitas, meliputi hak-hak warga dalam pelayanan publik; bagaimana menggunakan data dan informasi dari LAPOR-SP4N untuk menjadi masukan berharga bagi perbaikan pelayanan publik; teknik-teknik advokasi, dan jurnalisme warga.
  3. Melalukan analisis rutin terhadap LAPOR-SP4N dan mendiskusikannya dengan komunitas warga untuk mendapatkan lima topik utama untuk berdialog dengan multistakeholder.
  4. Bekerja sama dengan pemda dan Perwakilan ORI untuk menyelenggarakan dialog multistakeholder guna membahas temuan data, penyelesaian masalah, dan rekomendasi kebijakan.
  5. Kampanye publik terkait keberadaan LAPOR-SP4N.

2. Meningkatnya kesadaran, penerimaan, dan komitmen pemda untuk melibatkan partisipasi warga. Hal ini akan dicapai dengan upaya:

  • Melakukan training dan peningkatan kapasitas untuk aparat pemda, khususnya untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman terkait pembuatan kebijakan berbasis data/bukti; pelibatan warga dalam monitoring dan peningkatan kualitas pelayanan publik; bagaimana menangani pengaduan secara layak.
  • Memberikan asistensi kepada pemda dalam pengelolaan pengaduan dan masukan warga dalam pembuatan kebijakan dan perencanaan pembangunan.

Target groups:

  • Kabupaten: pemda (dinas-dinas yang menyediakan pelayanan publik, dinas yang mendapatkan mandat mengelola unit pengaduan), OMS, komunitas-komunitas warga.
  • Nasional/regional: Kementerian PAN-RB, LAN, ORI Perwakilan.

Lokasi: Medan, Tangerang Selatan, Malang, Jember, Ternate.

Sumber dana: USAID melalui MSI

Pelaksanaan: YAPPIKA bekerja sama dengan OMS lokal, yaitu FITRA SUMUT di Medan, PATTIRO Banten di Tangerang Selatan, MCW di Malang, PRAKARSA Jatim di Jember, KOPEL Indonesia di Ternate. Mitra daerah melakukan pengorganisasian dan kampanye publik, sementara YAPPIKA menyediakan peningkatan kapasitas dan melakukan komunikasi dengan stakeholder nasional.