19
Sep

Yosep Adi Prasetyo

Yosep Adi Prasetyo, biasa dipanggil dengan Stanley, adalah orang yang berlatar belakang pendidikan insinyur teknik elektro yang juga belajar tentang ekonomi dan studi pembangunan. Selain pernah berkecimpung di dunia akademisi dan penelitian, ia lama berpengalaman di dunia jurnalistik sebagai wartawan, redaktur, pelatih wartawan, dan ombudsman di beberapa media cetak, serta menjadi mediator. Juga terlibat di beberapa organisasi.

Pada 2007-2012 Stanley terpilih menjadi anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan menjadi Wakil Ketua I. Hingga kini ia masih aktif menjadi narasumber dalam berbagai pelatihan dan pendidikan, termasuk pendidikan di lingkungan TNI-Polri dan sejumlah lokakarya/seminar. Ia pernah memimpin berbagai tim pengkajian, menjadi amicus curiae dan saksi ahli di pengadilan yang terkait dengan pers, serta menulis berbagai masalah HAM dan kebebasan pers di sejumlah jurnal. Ia telah menulis dan mengedit puluhan buku.

Sejak 2013 hingga kini Stanley menjadi anggota Dewan Pers. Pada Dewan Pers Periode 2013-2016 ia menjabat sebagai Ketua Komisi Hukum sambil aktif mengajar sebagai dosen tamu di beberapa perguruan tinggi. Ia terpilih lagi untuk menjadi anggota Dewan Pers Periode 2016-2019 dan menjabat sebagai Ketua.