1. Siapakah YAPPIKA?
Adalah organisasi nirlaba yang membela hak asasi manusia yang bekerja untuk mendesak pemenuhan pelayanan publik yang adil dan berkualitas untuk masyarakat guna turut mengatasi kemiskinan dan ketimpangan sosial.
YAPPIKA berdiri pada tahun 1991 dan telah bekerja bersama organisasi nirlaba dan kelompok-kelompok masyarakat dampingannya di berbagai wilayah di Indonesia.
Mulai tahun 2016, YAPPIKA menjadi anggota ActionAid International dan memperkenalkan brand baru, YAPPIKA-ActionAid. Walaupun bergabung dengan ActionAid International, status kelembagaan YAPPIKA-ActionAid adalah tetap menjadi organisasi nirlaba Indonesia. YAPPIKA-ActionAid melakukan kampanye penggalangan dana pada isu-isu pelayanan publik, misalnya pendidikan, kesehatan dan hak untuk identitas bagi masyarakat terpinggirkan di Indonesia, termasuk perempuan dan anak-anak.
2. Siapakah ActionAid?
ActionAid International adalah sebuah federasi organisasi nirlaba yang memiliki reputasi sangat baik di tingkat internasional beranggotakan organisasi-organisasi nirlaba di 45 negara. ActionAid telah bekerja untuk turut mengatasi kemiskinan dan ketidakadilan yang terjadi di masyarakat di berbagai negara sejak awal berdirinya pada tahun 1972 di London, Inggris.
ActionAid International memiliki sekretariat di Johannesburg, Afrika Selatan. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di www.actionaid.org
3. Apakah YAPPIKA-ActionAid lembaga resmi di Indonesia?
YAPPIKA adalah organisasi nirlaba Indonesia berbentuk Yayasan yang terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Departemen Sosial Jakarta Timur.
Kami terdaftar atas nama Yayasan Penguatan Partisipasi, Inisiatif, dan Kemitraan Masyarakat Indonesia atau disingkat YAPPIKA.
Berikut ini adalah keterangan legalitas YAPPIKA-ActionAid:
SK KemenkumHAM
No : AHU-AH.01.06-0001767
tahun 2016 (Pembaruan)
Akte Yayasan
No. AHU-006.AH 02-02 / 2012 (Pembaruan)
Tanda Daftar Yayasan
No : 028/10.2.1/31.75.03/-1.848/2015
NPWP Yayasan
No : 01.361.875.6.002.000
Surat Izin Domisili
No : 01.4/10.3.0/31.75.031004/, Rawabunga, Jatinegara
Surat Izin Penyelenggaraan Pengumpulan Sumbangan
No : 1261/HUK-PS/2017
4. Apakah ActionAid lembaga resmi?
Ya. Secara resmi, ActionAid International tercatat sebagai organisasi nirlaba di Belanda dan memiliki sekretariat internasional di Johannesburg, Afrika Selatan. ActionAid tidak membuka kantor cabang di Indonesia. ActionAid adalah federasi yang anggotanya terdiri dari organisasi-organisasi nirlaba yang saat ini ada di 45 negara, termasuk YAPPIKA. ActionAid membantu YAPPIKA agar memiliki kemampuan untuk menggalang dana publik yang bertanggung jawab.
5. Dari mana saja sumber dana YAPPIKA-ActionAid?
Sumber dana kami adalah dari masyarakat, donasi para staf, lembaga dana dari dalam negeri maupun luar negeri, Yayasan, dan dana tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility).
6. Mengapa YAPPIKA-ActionAid melakukan penggalangan dana publik?
Dukungan dana publik merupakan wujud nyata gerakan bersama-sama masyarakat untuk mewujudkan perubahan yang lebih baik. Dukungan dana dari publik memampukan YAPPIKA-ActionAid untuk menjalankan misinya untuk mendorong penyelenggaraan pelayanan publik yang lebih baik, misalnya di pendidikan, kesehatan, kebencanaan, serta turut serta mengatasi kemiskinan dan ketimpangan.
Dana publik yang bersifat rutin bulanan membuat pelaksanaan misi YAPPIKA-ActionAid semakin berkelanjutan.
7. Bagaimana penggunaan dana yang Anda kumpulkan dari masyarakat?
Kami menggunakan dana yang terkumpul dari masyarakat untuk membiayai kerja-kerja kami untuk turut mengatasi kemiskinan dan ketimpangan di Indonesia. Kami bekerja bersama-sama dan untuk masyarakat yang terpinggirkan agar memperoleh pelayanan publik yang baik, misalnya pendidikan, kesehatan, kebencanaan, dan pemberdayaan perempuan. Kami melakukannya dengan advokasi peningkatan anggaran pemerintah, penelitian untuk menyajikan data-data yang akurat, menyebarluaskan informasi kepada masyarakat, melakukan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat, kampanye kepada masyarakat, dan untuk biaya operasional lembaga.
Seluruh dana yang kami kelola diaudit oleh Kantor Akuntan Publik profesional setiap tahun. Kami mempublikasikan hasil audit keuangan tersebut kepada masyarakat yang dapat diakses di website www.yappika-actionaid.or.id
8. Apakahstaff YAPPIKA-ActionAid digaji?
Orang-orang yang bergabung secara penuh waktu atau disebut ‘staf” adalah orang-orang yang mempunyai keahlian dan profesi sesuai bidangnya masing-masing. Bagi orang-orang yang memutuskan untuk bergabung secara penuh waktu ini, mereka akan memperoleh gaji. Orang-orang yang memutuskan bergabung secara penuh waktu ini biasanya punya idealisme dan tidak sekedar mencari nafkah semata.
Berbeda dengan bekerja di sektor profit/perusahaan, YAPPIKA-ActionAid adalah organisasi nonprofit/nirlaba. Jadi walaupun gaji mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari, seseorang harus sadar sepenuhnya bahwa ia tidak akan bisa menjadi kaya saat memutuskan bekerja penuh waktu di lembaga ini, bahkan saat sudah mencapai level tertinggi sekalipun.
9. Apakah YAPPIKA-ActionAid diaudit?
Ya. YAPPIKA-ActionAid diaudit setiap tahun oleh Kantor Akuntan Publik dan selama ini selalu dinyatakan baik, wajar tanpa pengecualian. Berikut ini adalah nama kantor akuntan yang pernah mengaudit kami: Johan Malonda Mustika dan Rekan, KAP Tanubrata Sutanto Fahmi dan Rekan, BDO Indonesia. Hasil audit keuangan kami publikasikan dalam laporan tahunan. Silahkan kunjungi website kami di www.yappika-actionaid.or.id
10. Apakah saya bisa melihat laporan keuangan YAPPIKA-ActionAid?
Ya. Silahkan kunjungi website kami di www.yappika-actionaid.or.id
TENTANG DONASI
11. Bagaimana jika saya ingin berdonasi ke YAPPIKA-ActionAid?
Anda dapat berdonasi melalui para Public Campaigner kami yang sedang berkampanye di mall-mall, ruang terbuka publik, atau kadang juga berkunjung ke perumahan-perumahan atas ijin dari pemangku kepentingan setempat. Anda dapat berdonasi dengan menggunakan rekening bank maupun dengan kartu kredit. Public Campaigner kami akan meminta Anda untuk mengisi formulir dan tanda tangan di atas materai, memfoto kartu identitas Anda (KTP), memfoto kartu ATM, menandatangani check list kelengkapan data dan informasi yang telah disampaikan. Semua dokumen tersebut merupakan bukti kuasa debit rekening ataupun kartu kredit yang akan dilakukan oleh pihak bank.
Anda juga dapat berdonasi secara online menggunakan kartu kredit, virtual account, e-wallet di portal donasi kami yang ada di laman www.yappika-actionaid.or.id
Semua data pribadi yang Anda sampaikan kepada kami aman dan kami lindungi dari segala bentuk penggunaan tidak sah di luar keperluan komunikasi dengan YAPPIKA-ActionAid. Penjelasan lebih lanjut mengenai perlindungan data pribadi dapat Anda temukan di tautan lain di website kami.
Jika Anda ingin berdonasi atas nama perusahaan, silahkan menghubungi kami di office@yappika-actionaid.or.id.
12. Apakah ada kemungkinan terjadi debet ganda terhadap akun rekening atau kartu kredit saya?
Sistem pembayaran donasi ini menggunakan sistem pembayaran yang telah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh perbankan. Kemungkinan terjadi pendebetan ganda sangat kecil. Namun demikian, apabila sampai terjadi pendebetan ganda, silahkan mengirimkan laporan melalui Donor Service kami di 021- 5091 3456 dan email ke donor.service@yappika-actionaid.or.id. Selanjutnya laporan Anda kami proses, Anda akan menerima kembali kelebihan donasi tersebut.
13. Bagaimana jika saya ingin mengakhiri donasi?
Donasi Anda merupakan donasi tidak terikat. Anda bisa menghubungi Donor Service kami untuk bertanya hal-hal seputar donasi Anda termasuk pengajuan pemberhentian donasi.
Namun besar harapan kami agar Anda berdonasi berkelanjutan untuk memastikan advokasi dan kampanye kami berjalan terus sehingga visi dan misi kita dapat tercapai.
14. Apakah saya bisa berdonasi melalui ATM/Transfer?
Untuk saat ini kami tidak menerima donasi melalui ATM atau transfer langsung.
15. Bagaimana jika saya ingin meningkatkan jumlah donasi?
Keputusan Anda untuk meningkatkan jumlah donasi sangat berharga bagi kami untuk mendukung keberlanjutan program-program yang kami jalankan guna turut mengatasi ketimpangan dan kemiskinan di masyarakat. Silahkan menghubungi kami di alamat berikut:
Donor Service
Telepon: 021- 5091 3456
Email: donor.service@yappika-actionaid.or.id
Kami akan mencatat informasi dari Anda dan akan mengirimkan surat konfirmasi tentang peningkatan jumlah donasi rutin Anda ke alamat Anda yang ada di dalam data kami. Surat dapat kami kirimkan melalui pos atau email.
Apakah saya bisa berdonasi hanya satu kali saja?
Donasi satu kali dapat dilakukan. Namun kami akan selalu menyarankan kepada Anda untuk berdonasi secara rutin bulanan dan enam bulanan. Dukungan yang berkelanjutan akan sangat berharga bagi kami karena kami dapat merancang kerja-kerja dalam jangka panjang untuk turut membantu lebih banyak masyarakat terpinggirkan secara berkelanjutan pula.
Dan sekali lagi, donasi rutin dari individu-individu seperti Anda adalah tulang punggung kami untuk terus menjalankan kampanye dan advokasi secara berkelanjutan.
17. Apakah saya dapat berdonasi secara cash dengan memberikan langsung ke kantor YAPPIKA-ActionAid?
Kami tidak menerima donasi cash dari pihak manapun untuk menghindari tindakan manipulasi atau penggelapan dana yang mungkin terjadi.
18. Bagaimana jika kartu kredit saya habis masa berlakunya atau berganti?
Bila terjadi gagal debit karena masa berlaku kartu habis atau limit plafon kartu kredit tidak mencukupi, maka team Donor Service kami akan menghubungi Anda untuk pembaruan data.
Bagaimana jika akun rekening saya suatu saat tidak cukup untuk debit langsung bulanan?
Jika jumlah dana yang ada di dalam akun rekening Anda tidak mencukupi maka debit tidak akan berhasil dilakukan. Sistem debit langsung bulanan yang kami jalankan akan melakukan pengulangan debit satu kali seminggu dalam jangka waktu satu bulan, dan jika belum berhasil, maka kami akan menghubungi Anda menginformasikan adanya kegagalan debit.
Bagaimana jadwal pendebitan donasi ini?
Untuk donasi melalui rekening bank, pendebitan pertama biasanya memerlukan waktu sekitar 15 – 30 hari setelah Anda menandatangani formulir persetujuan donasi. Setelah pendebitan pertama, maka pihak bank akan mendebit secara otomatis dari rekening Anda pada tanggal 2 – 6 setiap bulannya. Apabila pada tanggal 2 tersebut jatuh pada hari libur maka pendebitan akan dilakukan pada hari kerja berikutnya.
Untuk donasi melalui kartu kredit, pendebitan pertama biasanya memerlukan waktu 5 – 10 hari setelah Anda menandatangani formulir persetujuan donasi. Proses selanjutnya sama dengan debit dengan rekening bank di atas.
Apabila Anda berdonasi secara online melalui website kami, maka pendebitan bulanan akan dilakukan secara otomatis pada tanggal 2.
21. Bagaimana jika saya meminta kuitansi atau bukti debet dari donasi saya?
Bukti pendebetan donasi dapat dilihat di rekening koran tabungan anda atau di billing statement kartu kredit anda.
22. Apakah ada jaminan bahwa dana hasil donasi akan digunakan dengan baik?
Tentu saja. YAPPIKA-ActionAid adalah organisasi yang bertanggung jawab dalam penggunaan dana. Pengelolaan keuangan kami diaudit oleh Kantor Akuntan Publik setiap tahun. Kami mempublikasikan hasil audit dan kerja-kerja kami kepada masyarakat melalui website. Silahkan kunjungi www.yappika-actionaid.or.id
23. Dari mana Anda memperoleh nomor telepon saya?
Kami menjalankan kampanye-kampanye yang dipublikasikan/disebarluaskan ke masyarakat melalui berbagai cara, seperti kampanye di berbagai portal elektronik, email, Facebook, Twitter, Instagram dan kampanye langsung di tempat publik, seperti mall. Ketika Anda terlibat atau turut serta dalam kampanye tersebut, maka selanjutnya kami menghubungi Anda untuk melanjutkan dukungan dengan cara berdonasi.
24. Apakah data-data saya aman di YAPPIKA-ActionAid?
Untuk data perbankan ataupun data diri anda akan dijaga kerahasiaannya dan program ini tidak menerima donasi tunai, agar tidak adanya penyalahgunaan dan untuk data-data Anda akan dijaga keamanannya oleh YAPPIKA-ActionAid.
25. Di mana alamat kantor YAPPIKA-ActionAid?
Jalan Basuki Rakhmat RT 006 RW 010, Unit 7 (Kompleks Ruko Dealer YAMAHA), Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur 13410.
Telpon: (021) 21018030