Penawaran Terbuka Vendor Digital Marketing (Fundraising) YAPPIKA-ActionAid

Diterbitkan pada | Selasa, 01 Februari 2022

Term of Reference  

Bidding Digital Marketing (Fundraising) Agency 2022 

 

 

  1. Latar Belakang 

 

YAPPIKA adalah organisasi nirlaba yang telah berkiprah selama 30 tahun di Indonesia yang bekerja untuk advokasi kebijakan dan perbaikan layanan publik di Indonesia. Pada tahun 2016 YAPPIKA resmi bergabung menjadi anggota federasi Action Aid International dan merubah nama YAPPIKA menjadi YAPPIKA-ActionAid. 

 

Diawali dengan Face to Face (F2F) sebagain kanal utama penggalangan dana, YAPPIKA telah memiliki divisi penggalangan dana sejak 2016 bersama dengan Unit Philantrophy & Partnership (P&P), dan Unit Digital Fundraising. Sekarang dengan berkembangnya pasar digital dan teknologi di Indonesia secara eksponensial, kami melihat bahwa penggalangan dana digital adalah salah satu aset terbesar untuk dikembangkan menjadi kanal akuisisi donor. 

 

Kami mencari vendor digital marketing (fundraising) yang diharapkan dapat memberikan hasil kampanye digital yang sesuai dengan target yang diharapkan agar dapat dijadikan benchmark dalam mengembangkan Unit Penggalangan Dana Digital ke depan. 

 

 

  1. Maksud & Tujuan 

 

      • Mengumpulkan & mengetahui target audiens potensial untuk menjadi donatur YAPPIKA-ActionAid
      • Melakukan pengumpulan potential leads sebagai bagian dari strategi lead conversion baik melalui email marketing maupun telefundraising.
      • Mengembangkan kanal digital fundraising untuk mengakuisisi donatur melalui platform social media advertising seperti facebook/Instagram, SEM, Youtube Ads, dll.
      • Mengetahui potensi dan pasar digital fundraising serta strategi dan kanal digital yang bisa dikembangkan dari program YAPPIKA-ActionAid untuk menghasilkan donasi.
      • Mengembangkan UI/UX landing page donasi 

 

 

  1. Syarat & Waktu Pelaksanaan 

 

    • Syarat 

      • Digital marketing (fundraising) agency adalah agency yang sudah minimal 5 tahun bergerak di digital marketing, atau sudah 2 tahun bekerjasama dengan Organisasi Non-profit di Indonesia untuk penggalangan dana. 
      • Digital marketing (fundraising) agency diharapkan bisa memberikan proyeksi pemasukan dan pengeluaran selama periode yang sudah ditetapkan. 
      • Digital marketing (Fundraising) agency mengirimkan contoh kreatif dan strategi untuk kegiatan ini. 

 

  1. Waktu Pelaksanaan 

 

Kegiatan akan dilaksanakan dalam jangka waktu 3 bulan antara bulan AprilJuni 2022. Potensi berlanjut terusmenerus sesuai evaluasi. 

Timeline: 

No. 

Uraian 

Waktu 

1. 

Pengumuman bidding 

1 - 28 februari 2022 

2. 

Penerimaan Penawaran dari agency 

1 – 4 maret 2022 

3. 

Penilaian oleh Tim YAA 

7 – 11 maret 2022 

4. 

Penetapan Pemenang 

14 maret 2022 

5. 

Pelaksanaan kegiatan dimulai 

28 maret 2022 

 

 

  1. Target Capaian 

 

      • Mendapatkan karakteristik audiens yang sesuai untuk menjadi donatur YAPPIKA-ActionAid
      • Mengetahui kanal (channel) yang sesuai untuk penggalangan dana YAPPIKA-ActionAid
      • Menghasilkan 15.000 donatur
      • Menghasilkan donasi Rp 150.000.000,- 

 

  1. Penutup 

 

Demikian TOR ini disusun sebagai gambaran kegiatan yang akan dilaksanakan. 

 

Bagi Digital Marketing (Fundraising) agency yang berminat dalam proses bidding ini dapat mengirimkan email credentials ke sri.hardhian@yappika-actionaid.or.id paling lambat 4 maret 2022 

Tag :