Program Officer (Program MUTIARA)

YAPPIKA-ActionAid adalah organisasi nirlaba yang telah berkiprah selama 30 tahun di Indonesia yang bekerja untuk advokasi kebijakan dan perbaikan layanan publik di Indonesia. Pada Tahun 2016, resmi bergabung menjadi anggota Federasi ActionAid Internasional. ActionAid adalah federasi organisasi nirlaba yang beranggotakan organisasi-organisasi nirlaba di 45 negara. YAPPIKA-ActionAid memiliki misi yang beririsan, yaitu memerangi kemiskinan dan ketidakadilan. Misi tersebut dilakukan bersama-sama masyarakat.

YAPPIKA-ActionAid mengundang para profesional yang berkompeten, berpengalaman dan berkomitmen untuk mengisi posisi berikut:

Program Officer (Program MUTIARA)

Peran dan Tanggung Jawab:

  • Menjadi pelaksana Program MUTIARA di Kabupaten Jember dan bertanggung jawab kepada Program Coordinator, Program Priority Coordinator 1 dan Head of Programme.
  • Memberikan dukungan kepada Program Coordinator dalam mengembangkan sistem pelaksanaan Program MUTIARA, meliputi perencanaan program dan anggaran, serta sistem akuntabilitas.
  • Mengoordinasikan kerja sama dengan stakeholder yang menjadi mitra kerja YAPPIKA-ActionAid di wilayah kerja program.
  • Mengimplementasikan strategi advokasi kebijakan daerah; strategi pemberdayaan komunitas; terlibat dalam kerja-kerja riset dan peningkatan kapasitas yang dibutuhkan oleh mitra kerja.
  • Melaksanakan kegiatan-kegiatan program yang menjadi tanggung jawab YAPPIKA-ActionAid dengan berkoordinasi dengan mitra di lokasi program.
  • Memberikan dukungan terhadap pelaksanaan kegiatan monitoring implementasi program, termasuk dalam mengembangkan instrumennya.
  • Berkontribusi terhadap pengembangan YAPPIKA-ActionAid secara kelembagaan dan penerapan ActionAid Humanitarian Signature.
  • Melakukan tugas-tugas administrasi sesuai dengan bidang kerjanya, termasuk mengelola sumber daya yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  • Membangun relasi dengan berbagai pihak seperti jaringan organisasi masyarakat sipil, pengambil kebijakan dan stakeholder lain di daerah.

Kualifikasi :

  • Pendidikan minimal S1 atau lebih, diutamakan berasal dari jurusan Kesehatan Masyarakat, Kesejahteraan Sosial, Sosiologi, Antropologi.
  • Minimal memiliki 2 tahun pengalaman kerja dalam program kesehatan Ibu dan Anak, pemberdayaan kelompok warga, perlindungan perempuan dan kelompok rentan, serta advokasi kebijakan.
  • Memahami kebijakan-kebijakan dan mekanisme koordinasi terkait layanan KIA dan pemberdayaan perempuan.
  • Memiliki kemampuan manajerial yang baik dan penulisan laporan berbasis hasil.
  • Memiliki pengalaman yang baik dalam membangun relasi yang baik dengan pemerintah.
  • Memiliki pengalaman yang baik dalam membangun relasi yang baik dengan jaringan organisasi masyarakat sipil di daerah.
  • Memiliki keterampilan memfasilitasi atau memimpin pertemuan-pertemuan.
  • Terampil menggunakan komputer, khususnya dalam Aplikasi Office (Word, Excel, PowerPoint, dsb).
  • Menguasai Bahasa Inggris secara aktif.
  • Siap bekerja dalam lingkungan kerja yang menjunjung tinggi keberagaman dan nondiskriminatif.
  • Bersedia ditempatkan di Kabupaten Jember.

Silakan mengirimkan Surat Lamaran dan CV dengan subject: POPM_<nama> ke recruitment@yappika-actionaid.or.id selambat-lambatnya 10 Juli 2022. Semua aplikasi akan diperlakukan secara rahasia. Hanya kandidat terpilih akan dihubungi dan diundang untuk wawancara.

Mohon juga menyertakan pemberi referensi sebanyak 3 (tiga) orang (nama, nomor telepon, alamat email, organisasi dan posisi) di dalam CV.