Semangat yang Tak Pernah Padam di SDN 15 Seburing Gersik

Dari pedalaman Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat SDN 15 Seburing Gersik menitipkan kabar bahagia penuh optimisme untuk masa depan 79 siswa didik yang bersekolah di sana.  Setelah penantian bertahun lamanya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas akhirnya menggelontorkan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 untuk rehab 5 ruang kelas.


SDN 15 Seburing Gersik yang terletak di Desa Seburing, Kecamatan Semparuk, berdiri sejak tahun 1982. Lokasinya yang terpencil menjadi salah satu alasan sekolah ini seolah berada di luar jangkauan pemerintah. Padahal, kondisi bangunan di sekolah ini tergolong rusak parah.  Atapnya ambrol dan lantai kayu yang bolong-bolong. Kamar mandi hanya ada satu sehingga siswa siswi harus antri ketika ingin menggunakannya.  

Saat YAPPIKA-ActionAid berkunjung di tahun 2018, SDN 15 Seburing Gersik hanya memiliki satu ruang kelas belajar yang layak dan 1 ruang perpustakaan dengan fasilitas ala kadarnya. Kegiatan belajar mengajar juga dilaksanakan dengan memanfaatkan ruang bekas bekas mes guru. Lima ruang kelas lainnya tidak bisa difungsikan karena dapat membahayakan keselamatan siswa.  

Berkat semangat yang tak pernah padam dan kegigihan komite sekolah memperjuangkan hak siswa siswi yang bersekolah di SDN Seburing 15 Gersik, akhirnya secercah harapan itu muncul. YAPPIKA-ActionAid akan terus melakukan pendampingan bersama dengan komite sekolah SDN Seburing 15 Gersik agar rehab berjalan lancar, sehingga siswa-siswi di sana dapat merasakan ruang kelas yang aman dan nyaman untuk meraih cita-cita.  

Tentu kami tidak akan mampu berjalan sendirian tanpa dukungan Anda. Salurkan dukungan Anda melalui Donasi Sekolah Aman karena di luar sana masih banyak anak-anak yang setiap hari nyawanya terancam akibat infrastruktur sekolah yang tidak aman.