Respon COVID-19 oleh YAPPIKA-ActionAid: Kegiatan Vaksinasi di Daerah Istimewa Yogyakarta

Dalam upaya mendukung percepatan vaksinasi di Indonesia, YAPPIKA-ActionAid melaksanakan vaksinasi massal di daerah dampingan program YAPPIKA-ActionAid yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Vaksinasi dilaksanakan di beberapa lokasi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mendukung percepatan vaksinasi khususnya pada kelompok rentan seperti perempuan pekerja informal, buruh gendong, penyandang disabilitas, anak-anak, lansia, keluarga relawan, serta kelompok transpuan dan transgender.  


 

Di bulan Agustus ini, kegiatan vaksinasi massal pertama dilaksanakan di Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantul, dan Kota Yogyakarta. Kegiatan berhasil diselenggarakan dengan baik berkat kerja sama YAPPIKA-ActionAid dengan sejumlah lembaga lokal di Daerah Istimewa Yogyakarta dan pemerintah. 

 

Ibu Sumiyati dan suaminya, penyandang disabilitas di Kabupaten Kulon Progo, berterima kasih dengan adanya pelayanan vaksin gratis yang sangat mudah diakses, “Kalo kemarin-kemarin sulit mendapatkan vaksin, kalo sekarang-sekarang sudah enggak. Covid-19 setahu saya ya cuman lihat di TV-TV itu ya, penyakit yang sangat mengerikan. Mudah-mudahan setelah divaksin, pandemi segera berakhir, dan kita semua sehat-sehat.”, ujar Ibu Sumiyati setelah melakukan vaksin di kegiatan YAPPIKA-ActionAid. 


 

Masyarakat menyambut baik pelayananan vaksinasi massal, karena di sejumlah daerah distribusi vaksin belum merata dan masih banyak anggota masyarakat belum mendapatkan vaksin. Untuk mendorong akselerasi vaksinasi pada kelompok rentan, YAPPIKA-ActionAid akan memperluas jangkauan vaksinasi ke Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, dan Kota Palu (Sulawesi Tengah). Kegiatan vaksinasi terdekat selanjutnya di tanggal 19 Agustus 2021 (Dinas Kesehatan Bantul) dan 23 Agustus 2021 (GOR Amongrogo Yogyakarta). 

 

Detil Update Kegiatan Tanggal 9 Agustus 2021: 

1. Dari target 700 orang, total peserta yang berhasil mendapatkan vaksin di hari Senin, 9 Agustus 2021 adalah 613 orang dengan menggunakan vaksin Sinovac. 

2. Kegiatan vaksin dimulai pukul 09.00-14.30 WIB di Gedung BMC (Building Muhammadiyah Center). 

3. Lembaga yang bekerja sama: IDEA, FPRB KP, FPRB DIY, RS PKU muhammadiyah Wates, dan Dinas Kesehatan. Kegiatan dihadiri oleh Bupati Kulonprogo. 

Tag :