TERM OF REFERENCE KONSULTAN PENGAMBILAN FOTO dan FILM PENDEK

TERM OF REFERENCE

KONSULTAN PENGAMBILAN FOTO dan FILM PENDEK 

 

Program Promoting civil society-led initiatives for inclusive and quality education in Indonesia

 

 

A. Pendahuluan

YAPPIKA-ActionAid (YAA) menjadi lead organisasi dalam pengelolaan Program Promosi Prakarsa Masyarakat Sipil untuk Pendidikan Inklusif dan Berkualitas di Indonesia (Promoting Civil Society ledInitiatives for Inclusive and Quality Education in Indonesia). Dalam program ini YAA bermitra dengan 3 organisasi lokal, yaitu GEMAWAN di Kabupaten Sambas, SOLUD di Kabupaten BIMA, dan Yayasan Bahtera di Kabupaten Sumba Barat. Dan mendapatkan dukungan dari European Union (EU).

 

Program ini bertujuan untuk mempromosikan tata kelola dan akuntabilitas yang baik di sektor pendidikan di Indonesia, sejalan dengan pencapaian indikator #4 dari Sustainable Development Goals (SDGs) melalui keterlibatan masyarakat sipil yang aktif dalam proses pembangunan publik. Sementara tujuan khususnya adalah untuk memperkuat dan meningkatnya kerjasama antara organisasi masyarakat sipil dengan Pemerintah Daerah untuk secara efektif mengimplementasikan inisiatif untuk terwujudnya pendidikan inklusif dan berkualitas di 3 kabupaten, yaitu: (1) Kabupaten Sambas (Kalimantan Barat); (2) Kabupaten Bima (Nusa Tenggaran Barat), dan (3) Kabupaten Sumba Barat (Nusa Tenggara Timur). Program ini diharapkan mampu memberikan manfaat untuk 151.100 anak usia sekolah dasar dari kelompok miskin dan terpinggirkan, termasuk anak penyandang disabilitas dan putus sekolah melalui penguatan tata kelola dan akuntabilitas bidang pendidikan di 3 kabupaten. 

 

Program ini akan melakukan kerja-kerja advokasi yang fokus untuk mempengaruhi dan memantau proses perencanaan dan penganggaran sektor pendidikan (infrastruktur, beasiswa, dan isu-isu lain seperti kualitas guru), memperbaiki tata kelola anggaran infrastruktur pendidikan, monitoring pelaksanaan Kartu Indonesia Pintar (KIP) termasuk penggunaannya secara layak oleh keluarga, serta aktif melacak anak-anak putus sekolah dari keluarga miskin untuk kembali bersekolah. 

 

Program ini sudah berjalan 3 tahun, dan tentunya sudah banyak hal yang telah dicapai. Juga telah banyak pembelajaran yang dapat digunakan oleh para pihak untuk membuat perubahan di tempat dan waktu lain, maupun dimanfaatkan untuk keberlanjutan intervensi program ke depannya. Untuk itulah, YAPPIKA-ActionAid memandang perlu untuk melakukan pendokumentasian kegiatan program selama ini.

 

 

B. Scope of Work 

Konsultan akan melaksanakan pekerjaan:

1.    Melakukan pengambilan foto di lokasi program, sesuai dengan kebutuhan yang diberikan oleh tim program.

2.    Melakukan pengambilan dan editing video pendek. 

 

C. Deliverable 

Konsultan diharuskan menyerahkan hasil kerja sebagai berikut:

1.    Foto

2.    Video pendek berdurasi 3-5 menit

 

D. Timeline

1.    Publikasi Umum 10 April 2021

2.    Pengiriman Surat Ketertarikan Konsultan 12 April 2021

3.    Evaluasi April 2021

4.    Pengumuman Konsultan Terpilih 15 April 2021

5.    Pembahasan Agenda bersama konsultan terpilih 16 April 2021

6.    Pengambilan Foto di Kab Sambas (Kalbar) 20-24 April 2021

7.    Penyerahan hasil 29 Mei 2021

 

 

E. Submission Document

Kandidat konsultan diharapkan mengirimkan dokumen:

1.    Surat Ketertarikan dan Ketersediaan (Cover Letter Confirming Interest and Availability)

2.    Curriculum Vitae

3.    Salary History

 

 

Pengiriman:

Kepada YAPPIKA-ActionAid melalui email kepada:

 

Rokhmad Munawir: rokhmad.munawir@yappika-actionaid.or.id

Tri Sudarminah: tri.sudarminah@yappika-actionaid.or.id

 

Tag :

TOR